Jumat, 16 September 2022

Lomba Desain Motif Sasirangan Kota Banjarmasin 2022 Resmi Dimulai


Lomba Desain Motif Sasirangan Kota Banjarmasin 2022 yang merupakan bagian dari Banjarmasin Sasirangan Festival ke-6 dalam rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496 resmi dimulai dengan pembukaan oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi yang mewakili Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan sambutannya. 

Turut hadir Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah didampingi Ketua Harian Dekranasda Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar dan Wakil Ketua Harian Dekranasda Kota Banjarmasin, Rusdiati dalam kegiatan yang bertempat di Showroom Dekranasda Kota Banjarmasin, Rumah Anno 1925, Siring Tendean Kota Banjarmasin.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (14/09) tersebut, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, yang juga merupakan salah satu dewan juri menyampaikan bahwa pada tahun ini Lomba Desain Motif Sasirangan Kota Banjarmasin 2022 diikuti sebanyak 35 peserta dengan 8 peserta dalam kategori warna alam, serta 27 peserta dalam kategori pewarna tekstil. 

Adapun tema yang diangkat dalam lomba tahun ini adalah ukiran khas banjar, yang mana para pengrajin harus memiliki kemampuan teknis menyirang, teknik pewarnaan, serta wawasan budaya banjar mengenai ukiran ukiran khas banjar dengan harapan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat umum maupun pemuda-pemudi di Kota Banjarmasin yang mampu mendorong usaha kecil masyarakat.

Selain itu, Hj Siti Wasilah juga menyampaikan bahwa pembinaan yang dilaksanakan akan terus berkelanjutan, "Kita ada kegiatan yang sifatnya workshop, kemudian ada juga forum diskusi yang harapan kita akan menjaring sebagai inspirasi dari para pengrajin, tentu saja didampingi dinas dinas terkait,", ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini fokus pemasaran sasirangan Kota Banjarmasin adalah di pasar nasional, diantaranya adalah dengan beberapa kali berkolaborasi bersama desainer nasional, terutama dalam BSF (Banjarmasin Sasirangan Festival) untuk mengenalkan sasirangan Kota Banjarmasin ke tingkat internasional, ditambah lagi dengan adanya binaan dari dinas perdagangan perindustrian dalam pelatihan ekspor yang membuka peluang bagi para pengrajin. (prokom-banjarmasin)










 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search