Selasa, 04 Oktober 2022

Ladies Program Rakerwil APEKSI Ajarkan Praktik Pembuatan Saco dan Tinjau Festival Anggrek Seribu Sungai

BANJARMASIN - Ramai terdengar bunyi ketukan bertalu-talu, diiringi dengan senyuman dan tawa yang terus merekah di wajah para ibu-ibu dalam praktik pembuatan Saco (Sasirangan Eco Print) pada Ladies Program, yang merupakan bagian dari rangkaian Rakerwil APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota) Regional V Kalimantan, di Halaman Kantor DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan) Kota Banjarmasin, Kamis (29/09). 
Yang menjadi daya tarik dalam praktik tersebut adalah proses pembuatannya, dengan menggunakan dedaunan segar yang dipetik langsung dari pohonnya. Dedaunan tersebut kemudian dicetak pada kain sasirangan dengan melakukan teknik pounding (mengetuk) hingga muncul motif yang diinginkan.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua DPC PAI (Perhimpunan Anggrek Indonesia) Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, didampingi Wakil Ketua DPC PAI Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti dan Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin, Rusdiati.
Adapun rangkaian kegiatan dalam Ladies Program tersebut diantaranya adalah praktik pembuatan Saco (Sasirangan Eco Print) bersama wirausahawan muda Kantan Sasirangan, Sandi Agustinus, melihat bermacam jenis anggrek dalam Festival Anggrek Seribu Sungai, serta melihat landscape anggrek peserta lomba dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan. 
Dengan diadakannya kegiatan ini, Ketua DPC PAI Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah berharap semoga pengalaman ini dapat menjadi inspirasi serta ajang silaturahmi bagi kota-kota peserta Rakerwil APEKSI kali ini.
Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kota Bontang, Wakil Ketua Dekranasda Kota Pontianak, serta sejumlah perwakilan dari Dinas daerah terkait peserta Rakerwil APEKSI Regional V Kalimantan. (prokom-banjarmasin)










 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search