Kamis, 11 Februari 2021

Walikota Ditunjuk Duduk di Kursi Waket Apeksi Pusat

 

 

     



H Ibnu Sina : Kami Siap Mendampingi Melaksanakan Tugas

 

                     


 Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dipercaya menduduki kursi Wakil Ketua (Waket) Bidang Kesejahteraan Sosial dan Perkotaan pada Organisasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pusat, periode 2021-2024.

Terpilihnya orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini duduk disalah satu kursi petinggi organisasi nasional itu, ditunjuk langsung oleh Ketua Apeksi pusat terpilih, Bima Arya Sugiarto, dalam kegiatan Munas Apeksi ke VI yang dilaksanakan di Pelataran Hutan Kota Senayan, Jakarta, Kamis (11/02).

Pelantikan atas terpilihnya ketua, wakil ketua, serta para pengurus Apeksi pusat itu, dilakukan langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian, melalui daring. “Selamat kepada kang Bima Arya yang terplih sebagai Ketua Apeksi. Kami wakil-wakilnya siap mendampingi untuk melaksanakan tugas-tugas organisasi Apeksi,” ujar H Ibnu Sina.

Dalam sambutannya, Bima Arya Sugiarto menyatakan, akan melanjutkan semua program kerja yang telah dilaksanakan oleh pengurus Apeksi yang terdahulu. “Jadi Insya Allah, kami pengurus baru akan melanjutkan apa yang ibu Airin telah rintis, karena memang semangat dari Apeksi ini tidak lain dan tidak bukan adalah semangat kekeluargaan,” ucapnya, saat menyampaikan sambutannya.

Memegang tampuk pimpinan di organisasi nasional memang tidak mudah, lanjut pria yang menjabat sebagai Walikota Bogor ini lagi, namun dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan serta saling membantu, mudah-mudahan semua amanah bisa dilaksanakan. “Kita akan saling bahu membahu agar saling bisa meringankan, bertukar pikiran, berbagi pengalaman sesama pemerintahan kota, untuk menunjang kinerja masing masing,” katanya.

Lebihlanjut dikatakannya, dengan semangat kekeluargaan serta saling membantu, maka sebagai bagian dari pemerintah pusat yang memiliki kewajiban untuk menyampaikan semua kebijakan pemerintah pusat secara jelas kepada publik, agar bisa berjalan dengan baik, akan dilaksanakan. “Adalah satu hal yang menjadi mimpi kita semua ketika semua kebijakan dari pemerintah pusat bisa dipahami dan diartikulasi kan dengan baik oleh semua pemimpin daerah,” ujarnya.

Ketua Apeksi periode 2016-2020, Airin Rahmi Diany, mengatakan, dalam Munas ke-6 ini tema yang diusung adalah Kekuatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Pasca Pandemi Covid-19.

Lebihlanjut wanita yang menjabat sebagai Walikota Tanggerang Selatan inipun menjelaskan, sebelum Munas ini telah dilaksanakan, terlbih dahulu dilaksanakan kegiatan Pramunas pada tanggal 25 sampai dengan 28 Januari 2021 secara daring.

Dalam kegiatan tersebut, jelasnya, telah  dilakukan pembahasan tentang isu-isu strategis dan aktual dalam berbagai aspek, yang kemudian dituangkan dalam naskah rekomendasi.  “Kami berharap rekomendasi-rekomendasi tersebut menjadi salah satu konstribusi dari APEKSI,” katanya, saat pembukaan Munas Apeksi.

Dari informasi terhimpun, susunan pengawas dan pengurus Apeksi priode 2021-2024 hasil Munas VI di Jakarta menyatakan, bertindak sebagai Ketua Dewan Pengawas dalam organisasi tersebut Walikota Jambi, Syarif Fasa, dengan beranggotakan Walikota Tanggerang Selasan, Airin Rahmi Diany dan Walikota Pare-Pare Taufan Pawe.

Untuk Kepengurusan Apeksi, menjabat sebagai Ketua, Walikota Bogor, Bima Arya Sugianto. KemudianWakil Ketua bidang Pemerintahan dan Otonomi, Walikota Gorontalo, Marten Taha. Posisi Wakil Ketua bidang Pembangunan dan Kerjasama dijabat oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Wakil Ketua bidang Kesejahteraan Sosial dan Perkotaan dijabat oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan dijabat oleh Walikota Kediri, Abdullah Abubakar. Kemudian Wakil Ketua bidang Informasi, Advikasi & Hukum, dijabat oleh Walikota Prabumulih, Rhido Yahya.

Untuk Sekretaris Apeksi, dijabat oleh Direktur Eksekutif, Sri Indah Wibi Nastiti, dan untuk bendahara dijabat oleh Walikota Batu, Dewanti Rukmono.(dokpim-bjm)

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search