Sabtu, 04 Desember 2021

Kongres JKPI ke V Ditutup








 



Kongres ke V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Bogor ditutup dengan menghasilkan beberapa rekomendasi, diantaranya memberikan penghargaan Anugerah Bhakti Utama kepada Presiden RI, Joko Widodo.

Orang nomor satu di Indonesia ini sangat layak menerima penghargaan tersebut lantaran dinilai sebagai salah satu pencetus berdirinya organisasi JKPI.

Joko Widodo mencetuskan JKPI saat dirinya menjabat sebagai Walikota Solo pada tahun 2008.

Penyerahan penghargaan tersebut, dilakukan langsung oleh Ketua Presidium JKPI, Bima Arya, bersama para pengurus dan anggota JKPI yang salah satunya Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, di Istana Bogor, Sabtu (04/12)
Rekomendasi lain yang berhasil ditelurkan para pengurus beserta peserta kongres tersebut adalah menetapkan 8 kota di Indonesia sebagai Ibukota Kebudayaan, antara lain, Kota Surakarta sebagai Ibukota Kemajuan Kebudayaan. Kota Sawahlunto sebagai Ibukota Warisan Sejarah. Kota Banda Aceh sebagai Ibukota Bandar Maritim. Kota Bogor sebagai Ibukota Berkelanjutan. Kota Siak Sri Indrapura sebagai Ibukota Literasi dan Pendidikan. Kota Ambon sebagai Ibukota Kreatif. Kota Denpasar sebagai Ibukota Kebangsaan dan Kota Sumbawa sebagai Ibukota Perubahan Iklim.

Walikota Bogor, H Bima Arya Sugiarto, saat pembukaan Rakornas JKPI ke V mengatakan, memperjuangkan kota pusaka sama halnya memperjuangkan nilai-nilai luhur dan mulia yang terdapat diseluruh kota di Indonesia. “Kota pusaka adalah kota yang penuh dengan simbol-simbol yang luhur dan mulia. Artinya,memperjuangkan kota pusaka adalah memperjuangkan berlangsungnya nilai-nilai luhur dan mulia. Nilai-nilai luhur dan mulia yang tersebar diseluruh penjuru nusantara yang ada di berbagai kota di Indonesia,” ucapnya.

Ia mengajak seluruh anggota JKPI untuk terus bersemangat menjaga keberagaman budaya, sehingga terbangun karakter bangsa yang berbudaya. “Dahsyat luar biasa apabila semangat kota pusaka ini mengalir terus dari masa ke masa, siapapun ketua presidiumnya, siapapun tuan rumah penyelenggara kota pusaka. Rumeksa bhineka budaya, Mari kita bersama-sama menjaga keberagaman budaya bangsa kita untuk membangun karakter bangsa,” pungkasnya.

Selain menggelar pameran, kegiatan yang dihadiri Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah ini, juga menghadirkan beberapa event lainnya.(dokpim-bjm)

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search