Rabu, 01 Desember 2021

Walikota Resmikan Mesin ADM



Keinginan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina agar para ASN Pemko Banjarmasin bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin, akhirnya tercapai.
Satu diantaranya bentuk pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin.
Dinas yang memiliki alamat kantor di Jalan Sultan Adam Banjarmasin Utara ini membuat sebuah inovasi pelayanan publik dalam hal penyediaan pembuatan KTP, Akta Kelahiaran dan Kartu Keluarga, cepat.
Melalui sebuah mesih bernama Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), kini masyarakat kota berjuluk seribu sungai, tidak perlu repot berdesakan atau datang langsung ke kantor Disdukcapil, mereka hanya perlu mengungjungi mesin ADM yang kini ditempatkan di kawasan wisata Siring Menara Pandang, Banjarmasin.
Dengan dipandu petugas operator, masyarakat yang memerlukan pelayanan pembuatan KTP, KK atau Akte Kelahiran dapat dengan mudah mendapatkannya.
Rabu (01/12) pagi, H Ibnu Sina bersama Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti wasilah meresmikan operasional mesin tersebut. “Alhamdulillah hari ini kita meresmikan ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) ini sebuah sarana untuk melengkapi fasilitas digital, dalam rangka mencetak tiga dokumen kependudukan yaitu KTP elektronik, Akta Kelahiran,dan Kartu Keluarga. Ini semua bisa dilayani dari sini, tapi tentunya difasilitasi operator,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya.
Ia berharap, dengan adanya mesin tersebut, bisa mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan penyediaan KTP, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga. “Kami berharap ini bisa mengurangi orang yang harus ke Didukcapil atau ke kecamatan, saat ini adanya sudah di Siring Menara Pandang. Di sini tempat orang banyak bisa berkunjung, sambil menikmati suasana siring kota, sungai, atau bekelotokan, jadi siapa yang mau mencetak KTP silakan datang kesini, nanti operator bisa bantu,” katanya lagi.
Lalu bagaimana menggunakannya. Masih menurut H Ibnu Sina, masyarakat yang memerlukan pelayanan penyediaan KTP cukup menscan barcode sekaligus mengirimkannya QR melalui E-mail aktif, maka mesin ADM bisa langsung mencetak surat yang diperlukan masyarakat. “Pencetakan KTP, Akte Kelhiaran dan Kartu keluarga ini sehari bisa dilakukan sampai 100 kali, dan bisa diisi ulang untuk hari selanjutnya. Sedangkan kartu keluarga dan akta kelahiran, nanti dikirimkan lewat E-mail dalam bentuk PDF dan dapat dicetak dimana saja, namun tetap bisa dicetak juga disini,” jelasnya.
Keberadaan mesin ADM ini, terangnya, merupakan hasil hibah dari Kemendagri untuk Kota Banjarmasin. Hibah mesin ini, bebernya lagi, merupakan sebuah bentuk penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian, dan di tahun 2022 nanti, Pemko Banjarmasin berencana menambah mesin ADM untuk di tempatkan di Mall Pelayanan Publik, yang akan di bangun di ex pusat perbelanjaan Mitra Plaza, Banjarmasin. “Untuk perencanaanb lebih ke depan, saya berharap nantinya masing-masing kecamatan bisa memilikinya, karena harganya cukup terjangkau,” pungkasnya.(dokpim-bjm)

1 komentar:

  1. Keren. Semoga bisa bermanfaat untuk meningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Aamiiin

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search